About Me
- Agus Fitriadin
- Kuningan: Jawa Barat Marilah kita kembali kepada al-Quran dan Hadist sebagai pedoman hidup manusia
Followers
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 12 Januari 2012
Catatan Tugas Blog
04.43 |
Diposting oleh
Agus Fitriadin |
Edit Entri
Tolong informasikan ke teman-teman dalam 2 hari ini blog nya harus sudah di buat, suruh lihat konrak kuliah. ini saya kirimkan hasil browsig saya, dari saya ke sana terakhir cuma 2 orang yg perbaiki blog nya yg lain tidak.
di lis nomor yg saya beri tinta merah berarti belum ada nilai blognya.
terimakasih . asalakm
(Isi email dari pa Widyo)
NO | NAMA | WEBSITE | E-MAIL |
01 | ABDUL RAZAK | ada 6 | |
02 | SAMSUL ULUM | blog blm ada isi nya | |
03 | USEP SAEPUDIN | sipatimah@blogspot.combelum ada isinya | |
04 | ABDUL WASI | blm ada isinya | |
05 | SUHADA | belum ada isi | |
06 | ENJANG IDRUS | belum ada isi | |
07 | MOH. ZAEN FUADI | good job. Ok. Ada 6 tulisan | |
08 | AGUS FITRIADIN | sudah ada tulisan | |
09 | YAYAT NURHAYATI | belum adaa isi | |
10 | SRI SUBHIYAH | blm ada | |
11 | ULFAH LAYYINAH | blm ada | |
12 | SITI ZAKIYAH WATI | tdk bias dibuka | |
13 | FATCHURODJI | belum ada isi | |
14 | ADE LUKMAN HAKIM | sudah ada | |
15 | arsad | Arsadbendungan.blogspot.com Sudah ada | |
Selasa, 13 Desember 2011
Pelaksanaan Workshop MDM
18.36 |
Diposting oleh
Agus Fitriadin |
Edit Entri
Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon Konsentrasi PAI semester III bahwa pelaksanaan workshop MDM (Manajemen Delivery Method) dimulai hari kamis-jum'at tanggal 15-16 Desember 2011 pukul 09.00 - 16.00 WIB. Wajib hadir semua. Bagi yang sudah tahu informasi ini harap disampaikan kepada yang lain. Terima kasih
Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon Konsentrasi PAI semester III bahwa pelaksanaan workshop MDM (Manajemen Delivery Method) dimulai hari kamis-jum'at tanggal 15-16 Desember 2011 pukul 09.00 - 16.00 WIB. Wajib hadir semua. Bagi yang sudah tahu informasi ini harap disampaikan kepada yang lain. Terima kasih
Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
PERTEMUAN KE-7
01.48 |
Diposting oleh
Agus Fitriadin |
Edit Entri
RANCANGAN DALAM MELAKUKAN PENILAIAN SUMATIF
Penilaian Sumatif
Penilaian sumatif adalah penilain yang di laksanakan pada akhir unit program, yaitu akhir catur wulan, akhir semester, dan akhir tahun. Tujuannya adalah untuk melihat hasil yang di capai oleh para siswa, yakni seberapa jauh tujuan – tujuan kurikuler di kuasai oleh para siswa. Penilaian ini berorientasi kepada produk, bukan kepada proses.
Manfaat penilaian sumatif bagi guru :
1. Untuk membuat laporan kemajuan belajar siswa
2. Menata kembali seluruh pokok bahasan dan subpokok bahasan setelah melihat hasil tes sumatif, terutama untuk materi yang belum dikuasai siswa.
3. Melakukan penyempurnaan dan perbaikan alat penilaian tes sumatif yang telah digunakan berdasarkan hasil-hasil yang telah diperoleh siswa.
4. Merancang program belajar siswa pada semester berikutnya berdasarkan hasil-hasil yang dicapai dari tes sumatif sebelumnya.
Baik formatif maupun sumatif semuanya akan bermanfaat bagi :
1. Guru
a. Dapat mengetahui kemampuan dirinya sebagai pengajar.
b. Mengetahui pendapat atau aspirasi para siswanya dalam berbagai hal yang berkenaan dalam belajar mengajar.
2. Siswa
Dapat meningkatkan dan memotivasi belajar yang lebih baik lagi berdasarkan hasil penilaian mengenai cara belajar dan kesulitan belajar serta hubungan sosial
3. Pemegang kebijakan
a. Meningkatkan upaya-upaya pembinaan para guru dan siswa.
b. Meningkatkan kemampuan profesional tenaga guru.
c. Menyempurnakan penyelenggaraan pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Muhaimin, 2001, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Slameto, 1991, Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester, Jakarta : Bumi Aksara
Sudijono Anas, 2009, Pengntar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Sudjana Nana , 2004, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rusman, 2011, Model-model Pembelajaran, Jakarta ; Raja Grafindo Persada.
M. Atwi Suparman, Desain Instruksional (Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2004).
PERTEMUAN KE-6
01.44 |
Diposting oleh
Agus Fitriadin |
Edit Entri
RANCANGAN DALAM MELAKUKAN PENILAIAN FORMATIF
Penilaian atau evaluasi akan sangat di perlukan untuk mengkaji ulang sejauh mana efektifitas dan keberhasilanya suatu perancangan pembelajaran dalam pencapaian tujuan pembelajaran setelah kita buat dan kita tetapkan.
Evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation dan dalam bahasa arab ataqdir dalam bahasa indonesia penilaian. Akar katanya value dalam bahasa arab alqimah dalam bahasa indonesia nilai. Secara istilah menurut Edwind wand dan gerald we brown : evaluation refer to the act or process to dietermining devalue of somting artinya suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.
Menurut ghubah dan lincolin evaluasi itu merupakan suatu proses memberikan pertimbangan mengenai nilai dan suatu arti sesuatu yang di pertimbangkan.Jadi karakteristik evaluasi adalah evaluasi merupakan suatu proses evaluasi berhubungan dengan pemberian nilai atau arti Sedangkan fungsi evaluai adalah :
a. Evaluasi merupakan alat yang penting sebagai umpan balik bagi siswa.
b. Evaluasi merupakan alat yang penting untuk mengetahui bagaimana ketercapaian siswa dalam menguasai tujuan yang telah di tentukan.
c. Evaluasi dapat memberikan informasi umtuk mengembangkan program kurikulum.
d. Evaluasi dapat di gunakan oleh siswa secara individual dalam mengambil keputusan.
e. Evaluasi berguna untuk para pengembang kurikulum.
f. Evaluasi berfungsi sebagai umpan balik pihak yang berkepentingan dengan pendidikan di sekolah.
Penilaian formatif adalah penilain yang dilaksanakan pada akhir program belajar – mengajar untuk melihat tingkat keberhasilan proses belajar - mengajar itu sendiri. dengan demikian penilaian formatif di harapkan guru dapat memperbaiki program pengajaran dan strategi pelaksanaannya.
Manfaat penilaian Formatif bagi guru :
1. Memperbaiki program pengajaran atau satuan pelajaran di nmasa mendatang, terutama dalam merumuskan tujuan intruksional, organisasi bahan. Kegiatan belajar-mengajar dan pertanyaan penilaian.
2. Meninjau kembali dan memperbaiki tindakan mengajarnya dalam memilih dan menggunakan metode mengajar
3. Mengulang kembali bahan pengajaran yang belum di kuasai para siswa sebelum melanjutkan dengan bahan baru atau memberi penugasan kepada siswa untuk memperdalam bahan yang belum di kuasainya.
4. Melakukan diagnosis kesulitan belajar para siswa sehuingga dapat di temukan faktor penyebab kegagalan siswa dalam menguasai tujuan intruksional.
DAFTAR PUSTAKA
Muhaimin, 2001, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Slameto, 1991, Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester, Jakarta : Bumi Aksara
Sudijono Anas, 2009, Pengntar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Sudjana Nana , 2004, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rusman, 2011, Model-model Pembelajaran, Jakarta ; Raja Grafindo Persada.
M. Atwi Suparman, Desain Instruksional (Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2004).
Langganan:
Postingan (Atom)